Budaya Positif
Nama :
Masykur, S.Pd.I
Judul : Pembiasaan “3 kata Ajaib” dalam setiap kegiatan untuk mewujudkan
Budaya Positif
Latar Belakang
Adapun mengena tujuan pendidikan menurut Ki Hadjar
Dewantara adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka
dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai
manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam proses “menuntun” anak,
pendidik sebagai pamong/pendamping diberi kebebasan, dalam memberi tuntunan dan
arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya. Seorang
pendidik dapat memberikan “tuntunan” agar anak dapat menemukan kemerdekaannya
dalam belajar dan mencapai tujuan belajar. Ki Hajar menjelaskan bahwa dasar
pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Pendidikan
memfasilitasi anak untuk berkembang sesuai zamannya tanpa harus kehilangan akar
budaya daerahnya. Permasalahan yang muncul di sekolah,
siswa SMP merupakan pribadi yang membutuhkan eksistensi lebih, perhatian ekstra
dan masih bertindak sesuai egonya. Namun karena rasa gengsi yang tinggi, masih
banyak yang belum terbiasa untuk mengucapkan 3 kata ajaib, yaitu “Tolong”,
“Maaf” dan “Terima Kasih”
Tujuan
Mewujudkan
pembiasaan positif dengan 3 kata ajaib sebagai pembentukan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila
Tolok Ukur
Siswa Saling
menghormati dan menghargai dengan mengucapkan kata “tolong” pada saat
membutuhkan sesuatu/ bantuan, mengucapkan kata “maaf” saat melakukan kesalahan
atau saat meminta izin dan mengucapkan kata “terima kasih” saat mendapatkan
sesuatu.
Dukungan yang
Dibutuhkan
1.
Kepala
sekolah
2.
Wali
kelas dan guru mapel sebagai manager, pemantau dan pemimpin kelas
3.
Guru
BK
4.
Alat
dokumentasi berupa perekam seperti HP.
Hasil dari Aksi Nyata
Respon semua murid tentu
saja merasa senang dan apresiatif. Mereka bersemangat melakukan perubahan pada
diri mereka dengan membiasakan 3 kata ajaib yang disebutkan di atas. Siswa
mulai terlihat ketika mereka ingin meminjamkan atau meminta tolong pada
temannya mulai aktif menggunakan kata tolong, dan begitu juga ketika mereka ada
kesalahan atau menyinggung temannya tidak enggan mengucapkan kata maaf, dan
adapun ketika siswa sudah dibantu mereka sudah terbiasa mengucapkan terima
kasih, dan kata ajaib ini ditempelkan di kelas supaya mereka teringat selalu.
Pembelajaran yang di dapat dari Pelaksanaan
Pembelajaran yang didapat dari hasil pelaksanaan antara
lain yaitu:
1. Pentingnya membuat siswa untuk dapat membiasakan
menghargai satu sama lain.
2. Posisi guru sebagai kontrol manajer.
3. Melakukan segitiga restitusi dalam menangani murid.
4. Dukungan dari semua warga sekolah untuk menerapkan
disiplin positif guna mewujudkan budaya positif di kelas dan di lingkungan
sekolah.
Rencana Perbaikan untuk Pelaksanaan di Masa Mendatang
Rencana perbaikan untuk
pelaksanaan di masa mendatang yaitu mengevaluasi pembiasaan tiga kata ajaib ini
agar menjadi lebih baik lagi dan menerapkan kepada seluruh kelas.
Mantap pak, semoga ada karya berikutnya
BalasHapus